Minggu, 15 Mei 2011

Varian Windows 7

Varian Windows 7
 seperti pendahulunya, Windows Vista, yang memperkenalkan banyak fitur baru yang kadang tidak begitu diperlukan, Windows 7 ditujukan sebagai sebuah versi upgrade bertahap dalam jajaran sistem operasi desktop, dengan sasaran kompatibel secara penuh dengan aplikasi dan perangkat keras yang didukung oleh Windows Vista. Pembaruan yang terdapat dalam Windows 7 ketimbang Vista adalah desain ulang Windows Shell dengan taskbar yang baru, yang kemudian dikenal dengan sebutan SuperBar, sebuah sistem jaringan rumahan yang disebut dengan HomeGroup, dan banyak peningkatan yang dilakukan dalam sisi kinerja. Beberapa aplikasi yang pada Windows Vista ada, seperti Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, pada Windows 7 justru dihilangkan, tapi dimasukkan sebagai sebuah tambahan saja pada paket Windows Live Essentials yang disediakan secara gratis.


Varian Windows 7
Windows 7 datang dengan 6 varian, sebagai berikut:
  • Windows 7 Starter Edition
  • Windows 7 Home Basic
  • Windows 7 Home Premium
  • Windows 7 Professional
  • Windows 7 Enterprise
  • Windows 7 Ultimate
  • Windows 7 Starter Edition

Nah ini biar lebih jelasnya lagi:

Windows 7 Starter Edition
  • Windows 7 Starter Edition adalah sebuah versi Windows 7 yang memiliki fitur paling sedikit. Tema Windows Aero Desktop yang menjadi ciri dari Windows 7 saja tidak terdapat di dalamnya. Windows 7 Starter Edition hanya ada dalam versi 32-bit, dan tidak memiliki versi 64-bit. Wallpaper desktop juga tidak dapat diganti oleh pengguna. Karena itulah, edisi ini hanya tersedia pada komputer yang dijual oleh para OEM.





Windows 7 Home Basic
  • Windows 7 Home Basic merupakan sebuah versi Windows 7 yang ditujukan untuk beberapa pasar di negara yang sedang bekembang, seperti Bangladesh, Brazil, Republik Rakyat Cina, India, Indonesia, Meksiko, Pakistan, Filipina, dan Thailand. Di beberapa negara maju, seperti Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru, Arab Saudi, Belanda, Uni Emirat Arab, dan Jepang, tidak ada versi Windows 7 Home Basic. Windows Aero beberapa fiturnya telah masuk ke dalam Windows 7 Home Basic, tapi beberapa fitur tidak diaktifkan.


Windows 7 Home Premium
  • Windows 7 Home Premium adalah sebuah varian Windows 7 yang ditujukan untuk segmen komputer rumahan. Fiturnya lebih lengkap ketimbang dua versi sebelumnya, dengan ditambahi Windows Media Center, Windows Aero Desktop (lengkap) dan beberapa kontrol untuk layar sentuh.







Windows 7 Professional
  • Windows 7 Professional adalah sebuah varian Windows 7 yang ditujukan untuk para pengguna antusias dan bisnis. Semua fitur dari Windows 7 Premium telah dimilikinya, dan bisa juga dimasukkan ke dalam sebuah domain berbasis Windows Server. Fitur tambahan juga dimiliki oleh Windows 7 Professional, seperti dapat berioerasu nebhadu server Remote Desktop, Encrypting File System, Presentation Mode, Software Restriction Policies (tapi bukan AppLocker) dan Windows XP Mode.




Windows 7 Enterprise
  • Windows 7 Enterprise merupakan sebuah varian Windows 7 yang ditujukan untuk segmen perusahaan, dan hanya dijual melalui Volume Licensing kepada perusahaan yang telah memiliki kontrak Software Assurance dari Microsoft. Tambahan fiturnya antara lain BitLocker Drive Encryption, BitLocker to Go, dukungan aplikasi UNIX melalui Subsystem for UNIX Application (SUA), dan Multilingual User Interface (MUI). Versi ini tidak dijual dengan cara ritel atau OEM.




Windows 7 Ultimate Edition
  • Windows 7 Ultimate Edition mengandung semua versi Windows 7 Enterprise, tapi tidak seperti Windows 7 Enterprise, versi ini tersedia untuk para pengguna rumahan biasa dengan menggunakan lisensi individual. Windows 7 Home Premium dan Windows 7 Professional dapat saja meng-upgrade ke Windows 7 Ultimate dengan menggunakan Windows Anytime Upgrade, tentu saja dengan mengeluarkan biaya. Tidak seperti Windows Vista Ultimate yang menawarkan Ultimate Extras, Windows 7 Ultimate tidak menawarkannya.


   
Sumber: http://dorado.web.ugm.ac.id/2010/03/23/jenis-jenis-windows-7/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar